Terkini

Tips Penting Untuk Meningkatkan Daya Ingatan

Image result for Tips Penting Untuk Meningkatkan Daya Ingatan



Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya lupa, karena lupa adalah hal yang manusiawi dan manusia memang tempatnya salah dan lupa. Namun jika lupa itu menjadi terlalu sering, maka anda harus berhati-hati karena bisa jadi hal tersebut merupakan tanda dari menurunnya daya ingat. Menurunnya daya ingat biasanya dialami oleh orang yang telah berusia lanjut. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa menurunnya daya ingat dapat terjadi pada anak muda atau dewasa muda. Lakukan tips ampuh meningkatkan daya ingat untuk menanggulanginya.
Daya ingat sangat bergantung pada kinerja otak. Otak merupakan organ terpenting tubuh yang harus dilatih agar tetap menjadi prima. Walau berat otak hanya 2 kg, tetapi jika tidak dirawat dan dilatih secara perlahan otak akan menjadi lemah. Kelemahan kinerja otak dapat terlihat dari ketidakmampuannya untuk mengingat suatu hal.
Otak juga membutuhkan asupan gizi dari makanan dan beberapa vitamin, juga membutuhkan lebih banyak oksigen dibandingkan dengan organ-organ tubuh lainnya.tidak sedikit orang yang mengalami pelemahan daya ingat, atau kelemahan otak. Banyak sekali faktor yang menjadi penyebabnnya, bisa dari faktor pendidikan, pergaulan atau lingkungan, dan faktor genetika atau keturunan yang terbawa dari lahir.
Berikut ini faktor yang menjadi penyebab menurunnya daya ingat otak, diantaranya yaitu
1. Tidur
Kurang tidur memiliki hubungan dengan insomnia dan berkurangnya daya ingat. Tidur malam yang cukup sangat penting untuk ingatan kita. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur setidaknya 6 jam baik untuk daya ingat dan akan berfungsi pada potensi maksimum. Jika kita mendapatkan tidur yang cukup, maka bukan hanya daya ingat kita saja yang menjadi lebih baik tetapi tubuh kita juga akan lebih mampu mengatasi stress sehari-hari.  
2. Depresi
Depresi dapat terjadi pada semua usia dan menjadi penyakit yang sangat umum. Depresi berat dapat menyebabkan daya ingat menurun. Hal ini dikarenakan ketika sedang depresi, sistem kekebalan tubuh menurun. Peristiwa-peristiwa yang sangat serius yang melukai jiwa, seperti kehilangan orang yang dicintai, biasanya disertai dengan depresi dan menyebabkan penurunan daya ingat.
3. Penyakit diabetes
Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh masyarakat akibat naiknya tekanan gula dalam tubuh. Kegagalan sistem vascular yang terus berlanjut pada diabetes dan tidak diobati secara efektif sangat berkontribusi terhadap menurunnya daya ingat.
4. Alcohol dan obat-obatan
Kecanduan alcohol dan beberapa jenis obat-obatan tertentu dapat menurunkan daya ingat atau bahkan degenerasi kemampuan intelektual lainnya. Para pecandu alcohol awalnya memiliki masalah dengan daya ingat jangka pendek, kemudian amnesia dan berlanjut diperparah dengan masalah daya ingat jangka panjang. Mengkonsumsi alcohol berlebihan dapat menjadi racun bagi otak dan daya ingat. Obat-obatan juga dapat membahayakan otak dan mengurangi kemampuan mental seperti obat ekstasi yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada daya ingat.
5. Kurangnya vitamin B12
Vitamin B12 diperlukan bagi otak agar dapat berfungsi maksimal. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan penurunan daya ingat. Vitamin B12 dapat ditemukan pada ikan, telur, daging, ungags, susu, dan produk susu. Vitamin ini membantu sistem peredaran darah dan kesehatan otak.
Itulah faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penurunan daya ingat yang mejadikan seseorang mudah atau sering lupa. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari faktor yang dapat mengakibatkan daya ingat menurun. Lakukan tips ampuh meningkatkan daya ingat berikut ini untuk mengembalikan kemampuan dan fungsi otak. Tips tersebut antara lain
1. Jangan berhenti untuk belajar sesuatu. Membaca, melakukan kegiatan sekolah atau kuliah, ekstrakulikuler sekolah merupakan sumber pendidikan berkelanjutan untuk otak anda yang tentu saja akan mendatangkan hasil yang bermanfaat untuk perkembangan daya ingat anda.
2. Latih pikiran anda dengan permainan untuk mengasah otak. Semakin anda menggunakan keistimewaan otak, semakin anda membantu daya ingat anda tetap bugar. Ada banyak permainan yang membangkitkan kemampuan intelektual anda, sekaligus juga berkontribusi untuk hubungan sosial yang lebih baik. Backgammon, catur, teka-teki dan banyak permainan papan lainnya, menawarkan hiburan dan juga membantu anda meningkatkan daya ingat
3. Olahraga. Olahraga meningkatkan sistem peredaran darah. Bahkan latihan sehari-hari yang sederhana tapi rutin seperti berjalan cepat dapat meningkatkan kinerja jantung dan oksigenasi otak. Manfaat olahraga berpengaruh positif pada banyak sistem tubuh, khususnya daya ingat dan kemampuan kognitif lainnya. Cukup dengan berolahraga selama 20 menit setiap hari dalam latihan yang sederhana seperti berjalan kaki, bersepeda atau berenang.
4. Mengkonsumsi makanan untuk meningkatkan daya ingat. Apa yang kita makan setiap hari, mempengaruhi kinerja dan kondisi daya ingat kita dalam jangka panjang. makanan tertentu dapat berkontribusi untuk meningkatkan fungsi sirkuit saraf dari otak yang mengontrol daya ingat. Makanan yang kaya akan antioksidan dan vitamin bermanfaat bagi sistem saraf. Makanan tersebut antara lain, sayuran berdaun hijau, bayam, kubis, selada,brokoli dan kembang kol, jus buah, buah, berbagai macam berry, buah delima, kacang-kacangan, ikan berlemak seperti salmon, sarden, mackerel, minyak zaitun dan minyak nabati lainnya
5. Melakukan terapi untuk meningkatkan daya ingat. Terapi tidak hanya digunakan bagi orang yang sedang mengalami gangguan jiwa, dengan semakin berkembangnya tehnologi, kini terapi dapat dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kehidupan yang sedang dihadapi manusia salah satunya meningkatkan daya ingat. Dengan tehnologi yang berbasis brainwave, telah dikembangkan terapi otak brain booster yang dapat meningkatkan daya ingat. Tidak hanya meningkatkan daya ingat, terapi otak brain booster juga dapat meningkatkan konsentrasi, kecerdasan dan kreativitas. Informasi lebih lanjut tentang terapi ini silahkan klik disini.
Demikian tips ampuh yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kembali daya ingat yang mengalami penurunan. Otak harus dirawat dengan baik, karena otak dan organ lain seperti hati, ginjal, dan jantung bergerak dengan ukuran metabolik 15 hingga 40 kali lebih cepat daripada jaringan otot yang beristirahat, dan 50 hingga 100 kali lebih cepat dari pada jaringan lemak. Sehingga tidak heran gizi dan nutrisi sangat diperlukan.
Hindari untuk mengkonsumsi MSG, junk food dan makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Sebab, kolesterol dapat menghambat peredaran darah ke otak. Tetapi, jika kolesterol sudah ada di dalam tubuh, lakukan olahraga secara teratur seperti senam ataupun jalan kaki untuk menghancurkan kolesterol jahat dalam tubuh.
Anda juga dapat terus menstimulasi otak supaya tetap berfungsi dengan baik dan menghindari pikun usia muda dengan cara melakukan permainan catur, puzzle dan teka-teki silang. Permainan tersebut dipercaya dapat meningkatkan daya ingat.
Sumber :  http://terapiotak.com



via Bin Usrah SUMBER : http://gengviral.blogspot.com/
ADS HERE

About Jubah Semalam

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.